Review Buku 2 Rakaat Dulu Aja Dosen Komunikasi

Review Buku 2 Rakaat Dulu Aja – Bagas Ihsanul Umam

Artikel ini berisi mengenai review buku dengan judul 2 Rakaat Dulu Aja Panduan Menggapai Cinta Allah di Sepertiga Malam Terakhir, karya Bagas Ihsanul Umam yang pastinya ada hubungannya dengan para dosen sesuai dengan website dosenkomunikasi.com ini.

Bagaimana sih menjalani kehidupan sehari-hari sebagai dosen? Pastinya setiap hari kita bekerja, belajar, makan, minum, tidur dan lain sebagainya yang siklusnya setiap hari akan selalu sama. Paling-paling yang beda hanya masalah kapan ngopi atau tidak kan.

Nah, langsung saja kita bahas dalam buku ini yang kaitannya dengan masalah kehidupan kita terutama karir dan juga hubungan kita dengan Allah SWT melalui sholat tahajud.

Buku 2 Rakaat Dulu Aja

Apa sih buku ini? Yaps, buku ini merupakan karya dari Bagas Ihsanul Umam yang membahas lengkap mengenai betapa pentingnya seseorang harus mengamalkan salat tahajud dalam kehidupannya.

Banyak sekali bab-bab yang dibahas dalam buku ini yang isinya tidak berfokus pada panduan-panduan salat tahajud saja seperti umumnya tetapi fokusnya lebih dari itu, yaitu membahas tentang hal itu sudah banyak buku di luaran sana yang membahas serta ada kitab juga yang lebih mendalam. 

Namun, dalam buku ini yang saya baca lebih kepada apa saja masalah-masalah yang banyak dihadapi oleh kebanyakan orang serta masalah-masalah atau pertanyaan mengenai salat tahajud secara umum. Misalnya saja ada bab-bab yang membahas khusus tentang karir atau pertanyaan umum.

1. Ngapain Sih Salat Tahajud, Kan Hukumnya Sunnah?

Nah, pada bab khusus ini, buku ini membahas sangat banyak mengenai alasan-alasan kenapa seseorang sebaiknya salat tahajud yang lebih utama bukan salat-salat sunnah lainnya. Masalah-masalah didalamnya dibahas secara lengkap berdasarkan pandangan ulama yang sudah terkenal dan diakui sehingga tidak perlu lagi diragukan serta sangat relevan dengan kita pada zaman ini mengenai masalah karir, dunia percintaan (jodoh) dan urusan-urusan yang pelik.

2. Salat Tahajud Tanpa Tidur Dulu Boleh Nggak Sih?

Ada banyak sekali pertanyaan umum dari kebanyakan orang dan dijawab dengan bahasa yang mudah dipahami, seperti bagaimana sih hukumnya apabila kita ingin sekali salat tahajud tetapi nyatanya sampai larut malam tidak bisa tidur. Padahal kebanyakan orang tau, salat tahajud harus dilakukan setelah tidur dan pertanyaan lainnya.

Nah, pada bab ini dijelaskan secara mudah, tuntas berdasarkan pandangan banyak ulama dan pastinya selalu dijelaskan dengan bahasa yang sudah umum dan mudah dipahami. Kalau kamu seorang dosen, maka buku ini sangat cocok dibaca sebagai salah satu cara intospeksi diri mengapa karir dosen sangat susah, banyak masalah, kok menerima mahasiswa yang susah dan lainnya.

3. Kemuliaan Menjalankan Salat Tahajud

Buku ini membahas juga masalah kemuliaan salat tahajud baik itu di pandangan Allah SWT dan Rasulnya serta kemuliaan apabila orang menginginkan hal-hal yang duniawi. Pasti banyak sekali kan yang mungkin ingin mendapatkan kerjaan, karirnya selalu naik, ingin tidak banyak dalam kerja dan masih banyak lagi.

Ada banyak bab yang ada dalam buku ini yang membahas semuanya dari masalah dasar salat tahajud, surat yang dibaca, apa bedanya Salat Istikharah, hajat dan tahajud, doa-doa yang sebaiknya dibaca, penyebab doa tidak terkabul dan masalah duniawi seperti karir, urusan yang susah dan penyelesainnya, dan bahkan sampai jodoh dibahas dalam buku ini.

Kelebihan Buku 2 Rakaat Dulu Aja

Ada beberapa kelebihan yang menurut saya paling lebih dalam buku ini, antara lain.

1. Mudah Dipahami

Memang sepertinya buku ini dikhususkan untuk pemuda-pemuda yang akan masuk kuliah, sedang kuliah, lulus kuliah, pekerja dan juga orang yang masih umur-umur di bawah 40 tahun sehingga bahasa yang ada di dalamnya sangat memudahkan saya dalam memahami pendapat ulama yang ada dalam bahasan.

2. Kaya Pengetahuan Baru

Dengan bahasan yang sangat banyak dan luas, kita diberikan dengan pembahasan yang sudah ringkas, padat dan juga bisa langsung paham sehingga memang ketika membaca dan setelah membaca keinginan kita untuk salat tahajud akan naik sangat drastis dan sangat memotivasi kita untuk selalu menyempatkan salat tahajud dengan banyak sekali keutamaan, keajaiban dan manfaatnya.

3. Ilustrasi yang Relevan

Gambar ilustrasi di dalamnya selalu ada menyesuaikan dengan masing-masing bahasan. Betapa banyaknya ilustrasi yang ada di dalam buku ini yang bisa membantu kita untuk memahami konteks dalam bacaan tersebut. Memang buku ini diciptakan sangat penuh dengan kualitas yang mantab.

4. Selalu Ada Dasar Ilmunya

Dan yang paling bagus adalah semua bahasan di dalam sini tidaklah asumsi dan kata-kata dari penulis tetapi memang berdasarkan pengalaman serta pendapat ulama yang sudah terkenal. Jadi, itulah yang membuat saya (pembaca) sangat senang dan juga percaya apa yang ditulis. Hal ini didukung dengan kapasitas si penulis yang merupakan mahasiswa ahli tafsir di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selain itu, penulis juga seorang founder dari kelas belajar AL-Qur’an. Lihat profilnya di bawah ini.

Tentang Bagas Ihsanul Umam

Bagas merupakan founder @kelas_pelajarquran.id yang merupakan program Belajar baca Al-Quran dari rumah, mulai dari 0 sampai lancar meskipun masih pemula dan buat kamu yang malu karena belum bisa baca Al-Quran. Beliau merupakan Mahasiswa tingkat akhir di jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Semoga review singkat saya mengenai Buku 2 Rakaat Dulu Aja Karya Bagas Ihsanul Umam ini bisa menjadi salah satu yang bermanfaat. Menurut saya, buku ini sangat dan harus banget untuk dimiliki dengan sangat kayanya isi dan ilmu yang dibahas padat dan tidak bertele-tele pembahasannya. 

Apabila ingin mendapatkan buku ini, Kamu bisa pesan buku ini di Penerbit Bukunesia atau melalui halaman ini Buku 2 Rakaat Dulu Aja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.